1 Februari 2023

Stabat, ( Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin menghadiri sosialisasi gerakan ayo mendukung Simpanan Pelajar (SIMPEL) serta lomba rangking 1 tingkat SLTP sederajat, yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Selasa (17/9/2019).

Kegiatan tersebut ditandai penandatanganan MoU program SIMPEL antara Pt. Bank Sumut Cabang Stabat dengan Dinas Pendidikan Langkat, oleh PLH Bank Sumut Cabang Stabat Irwan dan Kadis Pendidikan Langkat H Saiful Abdi, disaksikan Sekda dan kepala OJK Regional 5 Sumbagut. Serta penyerahan buku tabungan simbolis kepada 10 pelajar oleh Sekda dan PLH Bank Sumut Cabang Stabat serta penyerahan hadiah lomba rangkin 1.

Sekda pada sambutan teks tertulis Bupati, menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya dalam mengajak masyarakat, khususnya para pelajar membudayakan menabung sejak dini, serta tindak lanjuti dari keputusan Presiden No.26 tahun 2019, tentang hari Indonesia menabung.

“Maka atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan ucapan terima kasih, atas terlaksananya kegiatan ini, semoga kegiatan ini bagian dari keseriusan kita semua dalam mendukung pemerintah untuk mensukseskan program yang dicanangkan oleh Presiden RI,”sebutnya.

Kepada para pelajar, Sekda mengatakan, hari ini kalian diajarkan menabung, tujuannya untuk membudayakan hidup berhemat, karena hal tersebut salah satu jalan untuk mewujudkan hari depan yang lebih baik.

“Dengan menabung, semoga kelak dapat meringankan bahkan dapat membantu disaat kalian membutuhkan biaya dalam melanjutkan studi pembelajaran,”terangnya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Sekda berharap, kepada para Kasek SLTP sederajat, serta dewan guru melalui Kadis Pendidikan dan Kakan Kemenag, dapat meneruskan sosialisasi gerakan ayo menabung dikalangan anak didik secara luas, dengan melakukan koordinasi dan komunikasi secara intens kepada Pt. Bank Sumut Cabang Stabat.

Sedangkan kepada Pt. Bank Sumut , Sekda berharap, dapat memberikan kemudahan keringanan pembiayaan maupun memberikan fasilitas lainnya, seperti bebas biaya administrasi setoran minimal yang terjangkau serta souvenir menarik, serta melakukan jemput bola ke sekolah – sekolah secara terjadwal.

“Guna menimbulkan minat dan menggairahkan para pelajar agar mereka punya kemauan untuk menabung,”sarannya.

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Anshori, mengucapkan terimakasih dan apresuasi kepada Bupati Langkat Terbit rencana PA beserta jajarannya dan kepada para Kasek dan guru pendamping serta kepada Pt. Bank Sumut Cabang Stabat yang telah turut berpartisifasi meyukseskan kegiatan ini.

“Kami berharap Bank Sumut terus dapat memberikan edukasi keuangan secara rutin kepada masyarakat khusunsya para pelajar di Sumut, agar dapat memahami sector jasa keuangan serta bersemanagat untuk menabung,”harapnya.

Serta menerangkan, bahwa Produk SIMPEL ini memiliki berbagai keunggulan antara lain, para pelajar dapat memiliki rekening tabungan atas namanya sendiri , yang tampa menggunakan biaya administrasi. Selainitu, setoarn awalnya sangat kecil hanya Rp500 untuk simple konvesional dan Rp1000 untuk simple syariah.

“Untuk setoran berikutnya minimal hanya Rp1000,”ungkapnya.

Sembari menjelaskan, OJK sejak tahun 2015 secara proaktif telah telah mengudang seluruh kapala daerah untuk melakukan sosailaisasi gerakan menabung, melalui program Simpel ini, yang diluncurkan bersama dengan industry jasa keuangan, Kemenetrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Agama.

Turut hadir kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Sumut beserta rombongan, rombongan OJK Regional 5, para pejabat dijajaran Pemkab Langkat, Kakan Kemenag Langkat, para Kasek dan kepala Madrasah beserta dewan guru serta para peserta didik SLTP sederajat se Langkat.